Macam-Macam Investasi P2P Lending Indonesia, Kenali Sebelum Investasi

Ada macam macam investasi yang bisa dipilih oleh masyarakat Indonesia sebagai bekal finansial di masa mendatang. Dari berbagai macam investasi yang ada, P2P Lending Indonesia tidak boleh terlewat dari perhatian calon investor.

Jenis instrumen investasi satu ini menjanjikan keuntungan yang besar pada para pemodalnya. Bahkan hingga di atas 10 persen dari rata-rata jenis instrumen investasi lainnya. Apalagi return ini bisa didapatkan dalam jangka pendek dan tidak selama jenis instrumen lainnya.



Untuk mengenal lebih dekat mengenai jenis instrumen investasi ini. Berikut ini adalah sekilas mengenai investasi P2P Lending yang mungkin akan menarik perhatian para calon investor.

Sekilas Mengenai P2P Lending

P2P Lending merupakan singkatan dari Peer To Peer Lending, sesuai namanya keuntungan dari jenis instrumen investasi ini. Didapatkan dari kegiatan meminjamkan dana-dana yang sudah dikumpulkan dari para pemodal yang ikut serta. Setiap peminjam yang meminjam dana yang dikumpulkan oleh penyedia jasa akan dikenakan bunga dalam jangka dan besaran tertentu.

Dari bunga peminjam inilah, kemudian dibagi lagi pada pemodal yang telah menyalurkan dananya. Tentu saja, bagian yang didapatkan oleh pemodal akan sesuai dengan besaran modal yang sudah disuntikannya di awal. Selain itu dana juga akan dibagikan sesuai dengan kesepakatan yang sudah disetujui sebelumnya.

Ini yang menjadikan P2P Lending bisa memberikan keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan macam-macam investasi lainnya. Apalagi persyaratan memberikan dana dan meminjam dana dalam sistem ini tidak terlalu merepotkan. Danapun bisa berputar dengan cepat beserta keuntungannya.

Selain itu P2P Lending Indonesia juga sangat berguna untuk mempertemukan pihak yang memiliki dana dan tidak memiliki dana. Bahkan para pengusaha yang ada di wilayah-wilayah tanpa akses perbankan bisa mengakses dana dari sistem ini.

Macam-Macam Investasi Bentuk P2P Lending

Setelah mengetahui sekilas mengetahui P2P Lending Indonesia, berikutnya akan dibahas macam-macam investasi dari jenis instrumen investasi satu ini. Ternyata di Indonesia sendiri ada 2 jenis dari P2P lending. Jenis ini dibedakan dari fokus pendanaan yang diberikan.

Agar lebih jelas, berikut ini adalah penjelasan serta ulasan mengenai kedua jenis investasi P2P lending yang lengkap.

1. P2P Lending Sektor Produktif

Seperti namanya, pendanaan P2P Lending jenis ini difokuskan pada sektor industri, bisnis, maupun berbagai sektor lain yang memiliki ujuan produktif. Karena itu kebanyakan peminjam jenis P2P lending ini adalah para pengusaha. Terutama para pengusaha skala menengah dan kecil, bahkan yang mikro.

Karena memang pengusaha pada tingkat inilah yang paling membutuhkan suntikan dana. Dengan suntikan dan pinjaman dana ini, para pengusaha bisa mendapatkan modal untuk mengembangkan usaha mereka. Jika usaha semakin berkembang semakin mungkin bagi para pengusaha agar mendapatkan keuntungan yang semakin besar.

Karena itu sistem investasi ini tidak hanya berguna bagi para pemodal saja yang mendapatkan keuntungan dari bunga peminjam. Namun juga membantu para peminjamnya untuk mengembangkan usaha mereka. Dengan begini sangat memungkinkan kedua pihak menjadi sama-sama untung dalam sistem ini.

2. P2P Lending Sektor Konsumtif

Berbeda dengan sektor produktif, pinjaman P2P Lending sektor konsumtif ini diberikan pada peminjam yang bertujuan untuk kegiatan yang konsumtif atau tujuan membeli sesuatu. BIasanya para peminjam yang meminjam modal ini bertujuan untuk membeli sesuatu yang cukup mahal dan bisa dibayar dalam jangka panjang.

Seperti untuk keperluan membeli atau membangun rumah, untuk membeli properti lain, atau bahkan untuk membiayai perjalanan liburan. Sistem P2P Lending di sektor konsumtif ini bisa membantu peminjam untuk memenuhi kebutuhannya.

Di sisi lain bisa memberikan keuntungan pada pihak pemodal yang menyetorkan dana. Jangka pembayarannya juga terbilang singkat. Sehingga para pemodal bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu yang relatif singkat.

Itulah macam-macam investasi dari bentuk P2P lending. Ternyata instrumen investasi ini tidak hanya sekedar memberikan uang untuk dipinjamkan saja. Namun ada beberapa jenis yang membedakan tujuan peminjaman dana tersebut. Sebenarnya masih banyak jenis dari P2P lending di dunia, namun di Indonesia sendiri yang aktif adalah kedua jenis yang sudah dijelaskan di atas.

Yang terpenting dalam berinvestasi pada jenis instrumen ini adalah kehati-hatian. Pastikan untuk memilih penyedia jasa yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

Post a Comment

0 Comments